Istilah
kecerdasan buatan sebenarnya berasal dari bahasa Inggris: “Artificial Intelligence”.
Jika diartikan tiap kata, artificial artinya buatan, sedangkan intelligence
adalah kata sifat yang berarti cerdas. Jadi artificial intelligence maksudnya
adalah sesuatu buatan atau suatu tiruan yang cerdas. Cerdas di sini kemungkinan
maksudnya adalah kepandaian atau ketajaman dalam berpikir, seperti halnya otak
manusia dalam menyelesaikan suatu masalah.
Secara awam kecerdasan
buatan diterjemahkan sebagai sebuah sistem saraf, atau sensor atau otak yang
diciptakan oleh sebuah mesin. Sebenarnya kecerdasan buatan merujuk kepada mesin
yang mampu untuk berpikir, menimbang tindakan yang akan diambil, dan mampu
mengambil keputusan seperti yang dilakukan oleh manusia.
Artificial
Intelligence membuat komputer berperilaku seperti manusia. Istilah ini diciptakan pada tahun 1956 oleh John McCarthy di
Institut Teknologi Massachusetts.
Kecerdasan buatan meliputi:
· (misalnya, beberapa sistem
pakar membantu dokter mendiagnosa penyakit berdasarkan gejala)
· jaringan saraf : Sistem yang mensimulasikan
kecerdasan dengan mencoba untuk mereproduksi jenis koneksi fisik yang terjadi
dalam otak hewan
rangsangan
sensorik lainnya
Saat ini, tidak ada komputer
menunjukkan kecerdasan buatan penuh (yaitu, mampu mensimulasikan perilaku
manusia). Kemajuan terbesar terjadi di bidang bermain game. Program komputer terbaik catur sekarang mampu mengalahkan manusia. Pada bulan Mei, 1997, IBM super-komputer yang disebut catur Jauh
mengalahkan juara dunia Gary Kasparov dalam pertandingan catur.
Di bidang robotika, komputer
sekarang banyak digunakan di pabrik perakitan, tetapi mereka hanya mampu
melakukan tugas yang sangat terbatas. Robot mengalami kesulitan besar
mengidentifikasi objek berdasarkan pada penampilan atau merasa, dan mereka
masih bergerak dan menangani objek dengan kikuk.
Artificial Intelligence
menawarkan imbalan potensi terbesar karena akan memungkinkan orang untuk
berinteraksi dengan komputer tanpa perlu pengetahuan khusus. Anda hanya cukup berjalan ke
komputer dan berbicara. Sayangnya, pemrograman komputer
untuk memahami bahasa alam telah terbukti lebih sulit daripada yang
diperkirakan. Beberapa sistem terjemahan dasar yang
menerjemahkan dari satu bahasa yang ada, tetapi mereka tidak sebagus penerjemah
manusia. Ada juga pengenalan suara yang dapat mengubah suara yang
diucapkan menjadi tulisan, tetapi mereka tidak mengerti apa yang mereka tulis,
mereka hanya mengambil dikte. Bahkan sistem ini sangat terbatas. Anda harus
berbicara perlahan dan jelas.
Pada awal 1980-an, sistem pakar
diyakini untuk mewakili masa depan kecerdasan buatan dan komputer pada umumnya. Untuk saat ini, bagaimanapun,
mereka tidak hidup sampai dengan harapan. Banyak sistem pakar membantu
para ahli manusia dalam bidang-bidang seperti kedokteran dan teknik, tetapi
mereka sangat mahal untuk memproduksi dan sangat membantu hanya dalam situasi
khusus.
Contoh AI itu bisa Robot ( ASIMO dan saudara –
saudaranya yang ada di negeri jepang ) ataupun lawan main kita pada saat kita
bermain game ( khususnya game Offline. Karena kalau game Online, yang bermain adalah manusia juga ).
Missal
pada game Counter Strike, Winning Eleven, COD4, dan lain-lain pasti
tidak asing lagi mendengar istilah AI. Pada game
tersebut AI dapat digunakan sebagai teman maupun lawan bermain.
Ia dapat berfikir sendiri tentang langkah – langkah apa saja yang harus ia
lakukan dan harus ia hindari pada saat bermain.
Pada game Counter Strike, AI terdapat
pada BOT. BOT ini mengendalikan karakter yang dapat
menembak, berjalan maupun menghindar ketika ia melihat target. Penjelasan lebih
lanjut mengapa BOT ini dapat termasuk kedalam aplikasi AI, dapat kalian lihat pada halaman ini.
Selain kedua game tersebut, ada
sebuah game lagi yang lebih menonjolkan sisi AI dalam bentuk prototype layaknya
kehidupan manusia, yaitu game The Sims. Pada game
tersebut, NPC ( Non Played Character ) dapat
seolah – olah dapat berfikir tentang apa yang dilakukannya dan respon apa yang
akan ia berikan apabila karakter kita melakukan sesuatu kepadanya. Misalnya,
bila kita suruh karakter kita untuk mengajak bermain catur kepada salah satu
NPC, maka NPC tersebut akan merespon ikut bermain atau menolak ajakan kita.
Itulah beberapa contoh penggunaan AI yang secara tidak langsung sebenarnya kita sudah
pernah mengetahuinya.
Detail Kecerdasan Buatan
·
Sudut
Pandang Kecerdasan: Kecerdasan buatan mampu membuat mesin menjadi
cerdas(berbuat seperti yang dilakukan manusia)
·
Sudut
Pandang Penelitian: Kecerdasan buatan adalah studi bagaimana membuat computer
dapat melakukan sesuatu sebaik yang dilakukan manusia.
·
Sudut
Pandang Bisnis: Kecerdasan buatan adalah kumpulan peralatan yang sangat
powerful dan metodologis dalam menyelesaikan masalah bisnis.
Sudut Pandang Pemrograman: Kecerdasan buatan
meliputi studi tentang pemrograman simbolik, problem solving, dan pencarian
(searching).daftar pustaka: Sri Kusumadewi, Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya), Graha Ilmu, 2003, Yogyakarta
William Siler and James
J. Buckley, “Fuzzy Expert System and Fuzzy Reasoning”, Wiley-Interscience, 2005
Laurene Fauset,
“Fundamental of Neural Network”, Prentice Hall, 2000
0 komentar:
Posting Komentar